Tinjauan

Desa Koto Sentajo adalah suatu desa yang berada di kawasan Kabupaten Kuantan Singingi, tepatnya di Kecamatan Sentajo Raya. Letaknya tepat di tepian Sungai Kuantan. Luas desanya ± 5,5 Ha. Pembagian lahan ini terdiri dari perkampungan, persawahan, perkebunan rakyat atau semak dan belukar. Desa Koto Sentajo secara administratif memiliki batas-batas wilayah yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Muaro Sentajo
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kampung Baru Sentajo
  3. Sebelah barat berbatasan dengan hutan lindung
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Batang Kuantan

Masyarakat Desa Koto Sentajo merupakan petani. Mereka hidup dari hasil perkebunan karet, dan menanam padi setahun sekali saat batang Kuantan telah surut. Beberapa warga juga mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, meskipun mereka tinggal di tepian Batang Kuantan, jumlah nelayan di desa ini sangat sedikit.

Desa Koto Sentajo lekat dengan peninggalan budaya Melayu Kuantan. Salah satu di antaranya yang telah dikenal luas adalah Rumah Godang. Rumah Godang ini merupakan perlambang dari empat persukuan yang ada di  Desa Koto Sentajo. Keempat suku tersebut adalah Suku Piliang dengan pemuka bergelar Peghulu Malin dan Datuk Mangkuto Besar; suku Chaniago dengan pemimpin bergelar Datuk Sinaro dan Dubalang Mudo; Suku Pitopang dengan tetua bergelar Datuk Penghulu Nan Kayo; serta Suku Melayu dengan pemimpin bergelar Datuk Penghulu Bungsu. Kepengurusan dari keempat suku ini membawahi 16 pengurus suku di bawahnya. Hal ini akan tergambar jelas dalam hitungan tiang penyangga masjid desa.